Thursday, May 20, 2010

Kisah Sukses Rebecca Owen

Setelah beberapa hari saya menyajikan artikel motivasi sukses dari pengusaha dan aktor. kali ini saya ingin share kembali tentang kisah sukses yaitu dari Rebecca Owen, seorang pesenam dari Inggris.

Wanita kelahiran Bridlighton, East Yorkshire 16 Agustus 1986 ini memiliki kisah sangat bagus jika kita ambil maknanya dan digunakan untuk aktivitas blogging, bisnis dll.

kalau gitu langsung aja disimak.

***

Rebecca Owen mulai berlatih senam sejak berusia tujuh tahun. Dia sangat berambisi memenangkan medali Olimpiade. Untuk itu, dia biasanya berlatih lima setengah jam dalam sehari, enam hari dalam seminggu, selama sepuluh tahun.

Tetapi untuk terpilih dalam tim Olimpiade, Rebecca harus mempelajari suatu gerakan baru yang sangat sulit yang disebut "Ginga Salto", yaitu terbang lepas dari bar atas kemudian melakukan jungkir balik dengan separuh putaran sebelum menangkap bar kembali.


Rebecca mempelajari gerakan "Ginga Salto" dengan dibantu oleh pelatihnya, Colin. Pelatihnya mengangkat tubuh Rebecca kemudian secara fisik membentuk gerakan "Ginga Salto" sehingga otak mulai mengenal gerakan tersebut.

Rebecca mengatakan, pada waktu pertama kali mencoba melakukan gerakan "Ginga Salto"dia harus berkonsentrasi penuh. Dia merasa cemas dan berpikir tentang kemungkinan berbuat salah. Kemudian, ketika Rebecca mulai melatih gerakan "Ginga Salto" secara fisik, ternyata dia gagal menangkap bar sehingga terjatuh. Dia berkali-kali melakukannya, tetapi tetap gagal.

Lantas, Rebecca mulai menggunakan cara yang berbeda, berupa pendekatan yang lebih radikal, yaitu menggunakan pendekatan visualisasi. Dimana Rebecca tidak lagi melakukan latihan fisik tetapi dia membayangkan secara mental dengan rinciannya dari setiap gerakan "Ginga Salto" secara berulang-ulang, seolah-olah dia telah berhasil menguasai gerakan tersebut.

Ternyata para ilmuwan menemukan, ada wilayah di otak yang menjadi aktif ketika membayangkan gerakan tubuh. Ketika Rebeccca mengulang gerakan tubuh. Ketika Rebecca mengulang gerakan tersebut berkali-kali dalam pikirannya bahwa seolah-olah dia telah berhasil melakukan dan menguasai gerakan "Ginga Salto" tersebut, akibatnya terciptalah suatu rangkaian jalan di sel-sel otaknya berupa jaringan saraf gerakan "Ginga Slato".

Ketika Rebecca melakukan gerakan "Ginga Salto" yang sesungguhnya, akhirnya dia berhasil melakukan gerakan tersebut. Dan semakin dia sering melakukan gerakan tersebut, jaringan sarafnya semakin bertambah tebal sehingga gerakkannya menjadi semakin otomatis karena telah tertanam dalam pikiran bawah sadarnya sehingga dia tidak perlu lagi bersusah payah memikirkan gerakan tersebut.

Sumber: The Secret of Money


Salam, Buen Kesong

Agung Prasetyo

7 comments:

  1. Wah mantap dah kisahnya, bisa dijadikan motivasi

    ReplyDelete
  2. lagi2 soal mindset sukses mas ya?

    ReplyDelete
  3. Pendekatan visual dengan membayangkannya. Seperti memrogram otak ya jadinya ... atau seperti imaginasi. Banyak kisah sukses yang diawali dengan mimpi atau imaginasi. Mungkin bisa dicoba juga ...

    ReplyDelete
  4. @Zaiful Anwar: Langsung bertindak kalau gitu mas. Hehe

    @Ahmad Im-bisnis: Hmm..kayaknya bukan mas. Itu mengenai kekuatan visualisasi.

    @Erdien: Monggo mas Erdien :D

    @Bang Dje: Betul sekali bang. Artikel ini intinya mengenai visualisasi yang merupakan salah satu faktor dari kesuksesan.

    ReplyDelete
  5. inilah contoh keajaiban otak manusia, contoh nyata interaksi otak syaraf dan fisik

    ReplyDelete
  6. @suarakelana: Keajaiban yang harus kita gunakan setiap saat.

    ReplyDelete