Saturday, June 12, 2010

Blogger Baik dan Blog Bagus Dari Sisi Market Norm dan Social Norm

Tidak bisa dipungkiri masalah bagus atau tidaknya sebuah blog dan baik atau tidaknya blogger merupakan suatu yang relatif. Sudah banyak pendapat mengenai hal itu beberapa hari ini.

Karena banyaknya blogger yang membahas mengenai keberadaan dan kriteria blogger baik dan blog bagus ini saya juga ingin menyuarakan kriteria saya dalam bentuk tulisan ini. Saya membuat pendapat sendiri dari Ariely, Behavioral Economist mengenai market norm (norma pasar) dan social norm (norma sosial). Maksudnya saya menggunakan kedua norm sesuai pendapat saya sendiri.

Ok langsung saja.

Menurut saya kriteria blog bagus itu seperti apa sih? Jika kita mempertanyakan sesuatu dari kriteria blog bagus maka saya akan mengaitkan dengan market norm (norma pasar). Mengapa saya kaitkan? karena secara tidak sadar kita pernah membeli theme premium, membeli domain, hosting sendiri, membeli tutorial memperbagus blog, mempercepat dll yang kira-kira membuat pengunjung nyaman ketika datang.

Apa yang dihasilkan oleh blog bagus? adalah KENYAMANAN. Contohnya bisa dilihat dari tampilan yang sederhana dan user friendly.

Kalau blogger baik dilihat saya kaitkan dengan social norm (norma social). Secara fitrahnya kita sebenarnya telah dibekalkan hidup secara berkelompok atau bersosial. Sehingga kitapun dalam hati nurani terdalam memiliki pandangan untuk berbagi pemikiran yang tulus untuk peningkatan lingkungannya juga kepribadiaanya.

Apa yang dihasilkan oleh blogger baik ini adalah MANFAAT. Contohnya saja, Ingin mencari informasi mengenai motivasi, kebetulan ada blog yang secara rutin memberikan artikel ini. Inilah blogger baik.

Kesimpulan yang bisa diambil adalah tidak ada kriteria untuk menjadi blog bagus atau menjadi blogger baik. Intinya adalah ketika suatu blog menghasilkan kenyamanan, itulah blog bagus dan blogger menghasilkan manfaat, itulah blogger baik.


Salam, Buen Kesong
Agung Prasetyo

======================================================
Artikel ini untuk memeriahkan acara kontes dan ulang tahun Imam Herlambang. Semoga mas Imam senantiasa mendapatkan kebahagiaan, kelimpahan rezeki dan menjadi orang yang penuh syukur kepada Allah SWT. amin

18 comments:

  1. semuanya relatif sobat. tergantung darimana melihatnya

    ReplyDelete
  2. saya selalu ingin belajar menjadi blogger yang baik bro..
    nice.. memotivasi saya untuk menjadi lebih baik...

    ReplyDelete
  3. Wah kontes ya sob,
    btw kok link yang ultah salah ya?

    ReplyDelete
  4. Mas ikut kontesnya mas imamz ya???

    moga sukses n menang dah

    ReplyDelete
  5. @sobatsehat: Untuk kriteria memang relatif mas. Tapi, yang saya lihat dari hasilnya. Blog simpel yang jarang diupdate pun jika memberikan manfaat yang besar juga termasuk blogger yang baik mas.

    @elmoudy: Amin, saya dukung mas.

    @Zaiful Anwar: Iya mas, saya khilaf. Hehe Sudah saya perbaiki. Makasih mas sudah dicek-kan.

    ReplyDelete
  6. Sy sependapat dgn isi Artikel ini. Smg Sukses dengan kontesnya yaa Bos

    ReplyDelete
  7. masalah baik dan buruk dalam kehidupan sosial internet itu sudah ada undang-undangnya. namun kalau menyentuh masalah pribadi, ini termasuk hal yang sangat prinsipil.

    ReplyDelete
  8. untung imam :

    wah salah satu yang bakal menang nich mam ! masabak penyisihan otak gw lah....,

    ReplyDelete
  9. Kalau menurut saya, dalam blogging lebih mengutamakan kenyamanan pengunjung serta mencari teman

    ReplyDelete
  10. makasih atas infonya mas,
    kenalkan dulu ini kunjungan pertama saya di blog ini
    jabat erat keluarga blogger

    ReplyDelete
  11. Semoga dari artikel ini kita lebih memaknai pentingnya Blogging untuk berSilaturahmi....

    ReplyDelete
  12. hehe..dewan juri dah kasih harapan tuh mas..
    sukses ya

    ReplyDelete
  13. @ISMAIL
    Betul mas, makasih ya dukungannya :D

    @2R
    Alhamdulillah, terima kasih mas Rafi.

    @Agus Siswoyo
    Saya setuju itu mas Agus. Saya berusaha memberikan apa yang didapat dari blogger baik dan blog bagus, akhirnya saya dapat mengutarakan "hasil"nya berupa KENYAMAN dan MANFAAT. Kalau untuk syarat menjadi blogger baik dan blog bagus itu baru relatif dan bersifat prinsipil.

    @Khalid Abdullah
    Alhamdulillah, dapat dukungan dari mas Khalid :D

    @Jamal
    Betul mas, saya setuju.

    @Gus Ikhwan @ ulasan SEO
    Sama-sama mas! Amin. Semoga saling mempererat sikap kekeluargaan kita yang sudah menjadi fitrah.

    @trafficsakti
    Amin :)

    @catatan blogger amphibi
    Iya mas. Hehe :D

    ReplyDelete
  14. Wah menarik juga jika ditinjau dari segi pasar dan sosial. Saya pikir blog yang baik secara norma pasar adalah blogger yang sukses dalam internet marketing (menghasilkan dollar), ternyata bukan, ya? :D

    Mungkin intinya yang bisa saya tangkap adalah bahwa standar kebaikan seorang blogger itu subjektif, semuanya tergantung dari orang2 yang membaca dan mengikutinya.

    ReplyDelete
  15. Ikutan kontes nih mas. Semoga beruntung ya. Masalah baik dan bagus, setiap orang pasti punya kriteria tersendiri. Dan saya setuju juga dengan kriteria yang dijelaskan dalam posting di atas.

    ReplyDelete
  16. @rismaka
    Saya menuliskan tidak ada kriteria untuk menjadi blog bagus atau blogger baik. Yang ada hanya hasilnya, apakah memiliki kenyamana atau tidak dan ada manfaat atau tidak.

    @iskandaria
    Iya betul mas Is dan makasih sudah setuju.

    ReplyDelete