Saturday, June 5, 2010

Emang Ada Kabar Baik atau Kabar Buruk?

Berat rasanya saya menulis tentang hal ini. Koq bisa ada pemahaman seperti itu, yang jelas kabar baik tentu kabar yang berisi sesuatu yang menyenangkan, membahagiakan dan lain-lain yang berbau positif. Untuk kabar buruk yang sebaliknya, yang membuat kita shock, sedih dan hal-hal sejenis lainnya.

Tapi, sebenarnya kabar baik dan kabar buruk itu tidak ada. Munculnya sesuatu kabar, baik atau buruk sebenarnya hanya berasal dari persepsi dikepala kita saja.

Saya begitu kaget dan koq bisa? Hal ini saya dapat dari artikel Fikri mengenai Masalah: Musibah atau Anugerah. Saya harap kamu berikan feedback diartikel itu ya?

Dikutip dari dialog antara shifu dan master oogway. Ketika shifu memberitahukan kabar buruk bahwa Tailung (muridnya shifu) berubah jadi jahat.

Shifu, There is no good or bad news. There is only news.

Shifu, tidak ada kabar baik atau kabar buruk. Yang ada hanya kabar.

Saya jadi berpikir dan memang benar, bisa saja kita melihat suatu hal itu kabar buruk padahal belum tentu buruk, mungkin biasa saja. Begitu juga sebaliknya, melihat kabar baik belum tentu benar-benar baik adanya dan mungkin hal biasa.

Mungkin kamu sudah tahu, tentang artikel mas Hengky terbaru mengenai paypal? Bisa jadi itu kabar buruk tidak bisa withdraw ke bank lokal gara-gara junkers, tapi bagi saya pribadi kabar baik. Soalnya dengan begitu paypal bisa bertahan lebih lama dan pastinya baik untuk kelangsungan para pebisnis yang ingin jujur.

Makna yang saya tangkap adalah jadilah bijaksana menghadapi suatu kabar dan lihatlah dari 2 sisi.


Salam, Buen Kesong
Agung Prasetyo

4 comments:

  1. dalam melihat satu permasalahan kita memang dituntut u bijaksana, tdk terburu2 memvonis

    ReplyDelete
  2. thanks banget atas back link kamu mas MANTAAPP!

    ReplyDelete
  3. Manusia diberi akal dan nafsu, kombinasi kedua potensi ini secara seimbang bisa melahirkan sebuah kebijakan yang mantap. nah, dalam menandang sebuah permasalahan itu hendaknya kita ke depankan sikap bijak yang logis tanpa terburu nafsu :)

    ReplyDelete
  4. @catatan blogger amphibi: Iya mas, setuju.

    @Mas Hengky: Hahaha.. Sama-sama mas Hengky. Soalnya sangat berkaitan dengan artikel yang saya tulis.

    @Erdien: Betul mas Erdien, sikap tenang menghadapi sesuatu merupakan sikap paling elegan yang dimiliki setiap orang.

    ReplyDelete