Wednesday, June 2, 2010

Selamat Hari Pancasila

Untuk memperingati hari Pancasila 1 Juni Kemaren, yuk kita mulai dengan memahami Pancasila. Saya sendiri sebenarnya lupa makna terdalam dari Pancasila sebagai warga negara. Semoga dengan adanya peringatan ini, semoga saya selalu ingat dan untuk rekan-rekan blogger juga.

Berikut secara singkat mengenai pancasila menurut Wikipedia.

Kata Pancasila terdiri dari dua kata dari Sansekerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia berisi:


1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan
5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Ok, sampai disini dulu. Mari bersama-sama merenungkan. Apakah kita sudah melakukan semua poin diatas atau belum.

SELAMAT HARI PANCASILA INDONESIA-KU


Salam, Buen Kesong
Agung Prasetyo

6 comments:

  1. Masih ingat pelajaran PMP gan...

    ReplyDelete
  2. maaf gak bisa komentar dengan enak karena jalan!

    ReplyDelete
  3. No more pemberontakan G30S/PKI...!!!

    ReplyDelete
  4. Jiwa Nasionalisnya masih ada nih Mas Agung? Hehehe...
    Yang malu-maluin tu sekarang masih banyak PNS yang tidak tau lima dasar (Pancasila tersebut, apalagi kalu penjabaran butir-butir Pnacasilanya pasti pada nggak mudeng tuh:)

    ReplyDelete
  5. Saya dulu malah masih merasakan penataran P4 pola 100 jam untuk memahami Pancasila. Walau orang mencap sebagai indoktrinasi doktrin, ada baiknya untuk memahami dan menghargai usaha para founder bangsa ini. Sekarang hilang semua, demokrasi dan kebedasan katanya, preeet....

    ReplyDelete
  6. @joko santoso: Hehehe.. Baru ingat setelah berita di tv koq pak. Kebetulan saya koq terpikir untuk membagikannya secara singkat untuk mengingat kembali.

    @aura pelupa: Gak apa-apa pak.

    @Agus Siswoyo: Setuju mas Agus.

    @Erdien: Semua masayarakat Indonesia pasti mempunyai Jiwa Nasionalisme mas Erdien. Hanya saja belum tumbuh hijau. Hehehe
    Insya Allah gak semuanya PNS mas. Saya yakin masih ada!

    @PakOsu: Wah, kebetulan saya belum sampai mendapatkan penataran P4 tersebut pak. Karena, yang saya yakini Pancasila merupakan dasar negara dan dengan dasar negara tersebut saya mencoba melaksanakannya secara secara sederhana. Contohnya persatuan Indonesia, seharusnya kita menjaga hati dan saling menghormati sesama yang berbeda agama, budaya dll. Untuk penjabarannya saya juga sulit sekali memahaminya pak.

    ReplyDelete