Sunday, January 16, 2011

Gelombang Otak - Delta

Saya ingin membahas gelombang energi otak atau yang biasa disebut gelombang otak. Kita tahu gelombang otak itu terdiri dari 4 gelombang. Yaitu Delta, Theta, Beta dan Alpha. Inilah yang para ilmuwan kategorikan.

Pembahasan mengenai gelombang otak ini saya sadur dari buku "Piece of Mind" miliki Sandy MacGregor. Sangat penting menurut saya mengulas tentang materi ini, karena faktor-faktor penting dari kesuksesan hidup kita terdapat pada gelombang-gelombang ini.

Gelombang otak ini diukur oleh mesin "elektro-ensefalograf". Mesin ini mengukur berapa bunyi tut yang muncul dilayar dalam satu detik. Setiap bunyi tut merupakan satu putaran perdetiknya dan jumlah putaran per detik itu menentukan keadaan gelombang otak. Jadi, mesin ini merupakan alat pengukur aktivitas otak.

Nah, kali ini saya ingin membahas gelombang otak Delta sebagai seri pertama dari pembahasan gelombang energi otak.

Delta

Keadaan Delta adalah keadaan disaat kita sedang tidur tetapi tidak bermimpi. Kecepatannya 0,5 putaran per detik (kita tidak bisa memulai dari keadaan nol karena nol berarti keadaan mati). jadi 0,5 putaran perdetik sampai 3, 5 putaran perdetik adalah keadaan gelombang otak Delta atau pola gelombang otak ketika kita tidur. Keadaan koma kira-kira 0,5 putaran per detik.

Keadaan tidur nyenyak tanpa mimpi adalah keadaan penyembuhan dan peremajaan sel tubuh. Ketika anda sakit, anda tidur lebih banyak karena tubuh berusaha menyembuhkan dirinya sendiri. Proses penyembuhan diri berlangsung banyak sekali waktu kita tidur.

Orang dewasa perlu istirahat selama delapan jam sehari tetapi delapan jam itu bukan berari delapan jam waktu tidur kita dalam sehari. Kita sebenarnya bisa melakukannya dengan hanya empat jam tidur sehari, sementara emapat jam sisanya lagi betul-betul dalam keadaan istirahat atau berada dalam keadaan Alpha atau Theta. Akan tetapi, kita sebaiknya memang mempunyai waktu istirahat delapan jam sehari.

2 comments:

  1. Baru paham saya kalo otak manusia seperti ini.

    Makasih Mas Agung :)

    ReplyDelete
  2. Memang benar kita setidaknya harus tidur dan istirahat 8 jam sehari agar otak menjadi fresh lagi.
    soory boleh saran backgroundnya merah memang menantang tapi sedikit kurang betah dimata?

    ReplyDelete