Monday, March 22, 2010

Sifat-Sifat Dasar Kepemimpinan, Semua Sudah Ada Dalam Diri Muhammad SAW

Beberapa waktu yang lalu saya menulis artikel mengenai pernikahan agung Muhammad SAW. Nah, pada kesempatan ini. Saya ingin menyampaikan dalam diri Muhammad SAW terdapat bukti-bukti kepemimpinan yang baik dan tentunya kepemimpinan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW tidak harus menunggu pembenaran dari teori-teori kepemimpinan dan manajemen modern karena apa yang beliau contohkan telah terbukti berhasil.

Sebagai gambaran bahwa pada diri Muhammad SAW ditemukan berbagai karakter pemimpin yang dirumuskan oleh para guru leadership. berikut beberapa teori kepemimpinan dan aplikasinya pada kepemimpinan Rasulullah SAW:

1. Visioner (Guiding Vision), mempunyai ide yang jelastentang apa yang diinginkan. Secara profesional atau pribadi dan punya kekuatan untuk bertahan ketika mengalami kemunduran atau kegagalan.

  • Dalam diri Muhammad SAW, beliau sering memberikan berita gembira mengenai kemenangan dan keberhasilan yang akan diraih oleh pengikutnya di kemudian hari. Visi yang jelas ini mampu membuat para sahabat untuk tetap sabar dan tabah meskipun perjuangan dan rintanganbegitu berat.

2. Kemauan Kuat (Passion), mencintai apa yang dikerjakan dan mempunyai kesungguhan yang luar biasa dalam menjalani hidup, dikombinasikan dengan kesungguhan dalam bekerja, menjalani profesi dan bertindak.

  • Dalam diri Muhammad SAW, berbagai cara yang dilakukan musuh-musuhnya untuk menghentikan perjuangan tidak pernah berhasil. Beliau tetap tabah, sabar dan sungguh-sungguh.

3. Integritas (Intergrity), integritas anda diperoleh dari pengetahuan sendiri dan kedewasaan. Tahu kekuatan dan kelemahan sendiri, teguh memegang prinsip dan belajar dari pengalaman begaimana belajar dari dan bekerja dengan orang lain.

  • Dalam diri Muhammad SAW, dikenal memiliki integritas yang tinggi, berkomitmen terhadap apa yang dikatakan dan diputuskannya dan mampu membangung tim yang tangguh seperti terbukti dalam berbagai ekspedisi militer.

4. Amanah (Trust), memperoleh kepercayaan dari orang lain.

  • Dalam diri Muhammad SAW, belliau dikenal sebagai orang yang sangat terpercaya (Al-Amin) dan ini diakui oleh musuh-musuhnya seperti Abu Sufyan ketika ditanya Hiraklius (Kaisar Romawi) tentang prilaku Muhammad SAW.

5. Rasa Ingin Tahu (Curiosity), ingin tahu segala hal dan ingin belajar sebanyak mungkin.

  • Dalam diri Muhammad SAW, wahyu pertama yang diturunkan adalah perintah untuk belajar (Iqra').

6. Berani (COurage), berani mengambil resiko, bereksperimen dan mencoba hal-hal baru.

  • Dalam diri Muhammad SAW, kesanggupan memikul tugas kerasulan dengan segala resiko adalah keberanian yang luar biasa.

Itulah sifat-sifat dasar yang di teorikan oleh guru-guru kepemimpinan dan ternyata, semua itu sudah ada dalam diri Rasulullah SAW. Semoga sahabat blogger dapat manfaat dari artikel ini.

Source: Muhammad SAW The Super Leader Super Manager

7 comments:

  1. Memang tidak diragukan lagi sifat dan teladan Beliau. Pantaslah jika Tuhan mengatakan "Laqad kana lakum fi rasulillahi usawatun hasanatun," memang demikian adanya.

    ReplyDelete
  2. Beliau memang uswah hasanah, seorang insan kamil yang patut ditiru dalam segala segi kehidupannya

    ReplyDelete
  3. Tak diragukan lagi. Kalau saja kita mampu sebagiannya saja, sudah banyak manfaat yang bisa kita raih dan amalkan

    Mas Agung, main ke blog saya, ada isian buat anda kalau berkenan....

    ReplyDelete
  4. @Erdien, Terima kasih mas Erdien atas Feedbacknya. :D

    ReplyDelete
  5. terima kasih banyak artikelnya....sudah banyak membantu saya mengerjakan tugas kuliah...n_n...

    ReplyDelete
  6. @the diligent base point to smart, Senang rasa bisa membantu. :D

    ReplyDelete