Tuesday, January 5, 2010

5 Bagian Teka Teki Kehidupan

Pada kesempatan sebelumnya saya menulis tentang hal-hal yang perlu di ketahui sebelum mencapai kesuksesan dan kebahagiaan dari Jim Rohn. Dimana ada 5 fundamental yang harus di miliki, mungkin bisa diartikan sebagai 5 kepercayaan mutlak sebagai pemecah teka-teki kehidupan.

Lalu apa saja bagian-bagian itu?

Baik akan di jelaskan, namun saat ini mungkin saya akan menjelaskan intronya saja dulu. Biar nanti bisa lebih gamblang pada penulisan di artikel lanjutannya.

Yang pertama adalah;

Milikilah filsafat. Karena, faktor utama dalam menentukan bagaimana kehidupan kita adalah cara kita memilih untuk berpikir. Misalnya kita telah belajar dari berbagai GURU dan sumber. Kemudian anda olah pengetahuan-pengetahuan anda untuk menjadi alasan anda untuk melakukan sesuatu. Seperti perkataan dari Petrus G. Hartono, Sikap Lebih Penting Daripada Fakta.

Kedua;

Sikap. Merupakan sifat yang mampu mengandalikan prilaku kita sehari-hari dalam pribadi dan dunia bisnis atau pekerjaan. apapun keadaannya, jika sikap kita mencerminkan tujuan kita. Yang membuat kesuksesan dan kebahagiaan kita semakin dekat.

Ketiga;

Aktivitas. Mengapa aktivitas menjadi bagian? Karena, jika kita beraktivitas yang pantas untuk tujuan kita, maka kita menjadi lebih dekat dengan kesuksesan dan kebahagiaan. Sikap hanya membuat anda dekat bukan menjadikan anda lebih dekat! Jika di lewatkan pondasi untuk menuju kesuksesan dan kebahagiaan tidak akan begitu kuat.

Keempat;

Hasil. Jika kita telah memiliki filosofi, sikap dan aktivitas seharusnya kita telah menuai hasil. Seperti petani yang menanam benih apel, maka akan muncul buah apel.

Sepertinya untuk menggapai kesuksesan dan kebahagiaan sudah tercapai, tapi koq kurang? Kan jika kita mendapatkan hasil berarti kita telah sukses dan bahagia.

Ayo kita lihat apa yang kelima;

Gaya hidup. sebenarnya gaya hidup ini yang menyatukan kesuksesan dan kebahagiaan. Seperti penyeimbang antara memiliki uang banyak juga memiliki keluarga yang baik, kehidupan sosial yang baik dan tingkat kehidupan spiritual yang baik pula.

Inilah sedikit intro yang harus di pahami dulu sebelum menjelaskan satu per satu dari bagian-bagian teka teki kehidupan.

(Jim Rohn - The Five Major Pieces To The Life Puzzle)

0 comments:

Post a Comment