Wednesday, May 11, 2011

Gelombang Alpha

Ilustrasi Gelombang Otak

Artikel ini the series of Gelombang Otak. Ternyata otak kita memiliki gelombang yang luar biasa dan sudah saya jelaskan 2 gelombang otak sebelumnya. Yaitu Delta, Theta 1 dan Theta 2.

Gelombang otak Alpha ini gelombang otak ketiga yang akan kita bahas sebelum masuk ke gelombang otak Beta.

Keadaan Alpha adalah keadaan yang putarannya 7 - 13 perdetik. Keadaan ini adalah keadaan rileks dan merupakan keadaan yang menarik untuk kita bahas. Keadaan Aplha sangat penting untuk membuka jalan menuju 88% kekuatan bawah sadar. Anda perlu dalam keadaan Alpha untuk bisa mencapai pikiran bawah sadar Secara efektif.

Keadaan Alpha adalah kondisi rileks atau keadaan tanpa stress sehingga anda bisa masuk kedalam alam bawah sadar.  Ketika anda masuk, anda bisa mengubah citra diri, bisa mengubah kebiasaan, bisa menanamkan pikiran tertentu dan menetapkan tujuan. Juga belajar, membaca dan lain-lain.

Dalam keadaan Alpha konsentrasi anda akan terpusat karena anda hanya bisa berpikir tentang satu hal pada satu saat. Ketika anda berpikir dua hal secara berasamaan, Anda telah berada dalam keadaan Beta atau sudah berada di luar Alpha.

Bila anda sedang membaca dalam keadaan Alpha  dan tiba-tiba terdengar suara kereta api atau pesawat terbang yang lewat atau ada bunyi yang mengganggu, pikiran anda akan terpecah dan anda berada di Beta. Anda berada di Beta bila berpikir dua hal pada satu waktu yang bersamaan.

Alpha adalah keadaan yang sangat mudah di capai dan sebenarnya anda melakukannya setiap saat, yaitu ketika anda melamun atau berkhayal. Anak-anak yang berumur dari 0-5 tahun hidup dalam keadaan yang menakjubkan ini. Itulah sebabnya mereka belajar begitu banyak hal dan melakukan semua itu dalam jangka waktu singkat, mereka menyerap semua informasinya seperti karet busa, langsung menembus pikiran bawah sadar.


Perbedaan antara Theta dan Alpha adalah ketika kta berada dalam keadaan Theta, kita tak lagi merasakan badan atau seakan badan ini hilang. Orang yang terlatih meditasi setiap hari bisa mencapai keadaan Theta  dalam jangka waktu 10-15 menit dan kadang-kadang bisa lebih cepat. Di Theta pikiran anda sangat sadar dan terkontrol. Anda bisa berpikir cukup jernih tetapi anda tidak bisa merasakan badan anda. dalam keadaan Alpha, anda tahu persis di mana badan anda. Dalam kondisi tersebut, andalah yang selalu memegang kendali, bukan di kendalikan

Menghilangkan stress adalah satu hal yang biasa dilakukan dengan menggunakan keadaan Alpha.. Hal yang kedua adalah konsentrasi yang terfokus. Keadaan pikiran yangsangat fokus dimana anda mendengar, melihat dan  berpikir tentang satu hal didalam satu waktu, itulah yang di namakan konsentraasi terfokus.

Dan bila anda ingin mengubah atau mengganti kepribadian anda atau cara berpikir anda, keadaan Alpha-lah yang cocok melakukan hal tersebut.

5 comments:

  1. memang otak manusia menyimpan setuja misteri, TUHAN memang maha pencipta.

    ReplyDelete
  2. mungkin karena itu yah ada yang nyaranin kalau visualisasi dream mending sebelum tidur dan ketika bangun tidur

    ReplyDelete
  3. wah, sangat informatif sekali artikelnya. Menambah wawasan saya . Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Yang saya tahu, gelombang alpha ini bermanfaat untuk menciptakan ide-ide kreatif ketika blogger menulis. Tahukah dimana tempat munculnya gelombang alpha? Di kamar mandi. :)

    ReplyDelete
  5. @Hilmi, sama-sama mas.

    @Agus Siswoyo, betul mas Agus. Bahkan lagu Samsons - Luluh. Irfan sebagai penciptannya, mendapatkan inspirasi ketika di toilet. Hahaha

    ReplyDelete