Saturday, January 23, 2010

Efek Blogging Terhadap Motivasi Diri

Setiap ciptaan Tuhan PASTI merasakan kebahagiaan. Apapun itu bentuk kebahagiaannya, yang jelas sangat menyenangkan. Tulisan ini bukanlah mengajarkan atau memberikan kiat-kiat bagaimana cara bahagia. Tapi, tulisan ini hanya sebagai pengingat untuk para sahabat dunia internet. Karena kebahagiaan sebenarnya bisa kita dapatkan dengan mudah sebagai ciptaan Tuhan yang Sempurna. Tapi karena kita lupa bagaimana cara mengaktifkannya, jadinya kebahagiaan itu seperti bukan milik kita !!!

Sebelum saya jelaskan bagaimana cara mengaktifkan kebahagiaan tersebut, apakah anda tahu apa arti dari kebahagiaan? Kalau saya pribadi tidak tahu arti dari kebahagiaan itu. Karena kebahagiaan itu bukan berada pada pikiran, tapi berada pada perasaan. Sahabat sekaligus saya anggap senior saya, Fadly Muin juga menuliskan tentang kebahagiaan ini yang memberikan kunci mendapat kebahagiaan selamanya. Langsung deh ke sana untuk membaca tulisan beliau.

Terus bagaimana cara mengaktifkan kebahagiaan itu?

Banyak solusi mendapatkan kebahagiaan itu, tulisan dari Fadly Muin juga merupakan solusi. Tapi, mungkin anda sudah mengetahui cara lain mendapatkan kebahagiaan itu.

Namun saya akan sampaikan salah satu cara saya memiliki kebahagiaan yang membuat saya senantiasa senang. yaitu "Kebahagiaan" Senantiasa Datang Karena Efek Ikhlas Dalam Blogging.

Koq efek ikhlas dalam blogging? Kan salah satu cara saya. Mungkin cara lainnya pada kesempatan blogging selanjutnya ya?hehe.

Kita tahu, pengertian "efek" itu sendiri adalah merupakan akibat dari perbuatan dan "blogging" merupakan cara untuk berbagi sedangkan "ikhlas" itu bentuk kesadaran kita menyerahkan semua milik dan doa kita kepada Sang Pencipta sehingga kecerdasan-Nya lah yang menuntun kita.

Ketika kita blogging dengan rasa ikhlas. Secara tidak langsung kita juga mendapatkan kebahagiaan, karena ikhlas dan kebahagiaan beda-beda tipis. orang ikhlas pasti bahagia, orang bahagia (hakiki) karena ikhlas. Misalnya kita menulis untuk kontes SEO kemudian kita melaksanakannya dengan penuh kesadaran kita sekaligus berbagi pengalaman hidup atau ilmu baru sehingga membuat orang merasakan manfaatnya. Bisa jadi, kita mendapatkan kebahagiaan karena kemenangan, feedback positif dari blogger lain, branding semakin baik dll. Sehingga anda merasakan sesuatu yang beda dalam diri anda, Yaitu kebahagiaan.

Untuk pemahaman ikhlas yang saya dapatkan berasal pemikiran dan pengalaman hidup Erbe Sentanu dalam Zona Ikhlas milik beliau. Yang membuat saya menjadi diri "benar-benar" diri saya sendiri. Maaf jika ada sedikit perbedaan pemahaman! Yang jelas intinya satu untuk Allah yang memberikan fitrah sebuah keikhlasan dalam hidup kita.

Mungkin inilah secuil pesan positif yang bisa saya sampaikan. Semoga membantu kita semua untuk berubah menjadi lebih baik, lebih baik dan lebih baik.

Mulailah ikhlas berbagi dengan sesama blogger sehingga efek dari blogging dapat memotivasi kita untuk merasakan salah satu efeknya yaitu kebahagiaan dan semoga kita juga selalu mendapatkan efek postif lainnya.

11 comments:

  1. berkunjung,,,makin banyak temen mah,,heheh
    motivasinya

    ReplyDelete
  2. @rezKY p-RA-tama, terima kasih ya sudah berkunjung .. jangan lupa subcriptionnya dipasang. biar selalu datang jika ada update.hehe

    ReplyDelete
  3. @rezKY p-RA-tama, Seperti di pojok kanan atas blog ku.hehehe .. Coba baca postinganku yang ini Please, Pasang Donk FeedBurnernya !!!

    ReplyDelete
  4. setuju bro..
    sesuatu yg dilakukan dgn ikhlas akn jauh lebih menyenangkan drpd yg dilakukan dgn terpaksa...selain hasilnya juga akn jauh lebih baik..

    ReplyDelete
  5. @wellsen, betul sekali .. toh, keinginan dasar kita sebagai manusia adalah ingin bahagia. Memang kunci yaitu IKHLAS.

    ReplyDelete
  6. ternyata efek blogging itu luar biasa yah mas? multi dimensi.

    *mas kalau boleh saran, namanya di tulis yang mudah di ketik dong :D jadi tidak menggunakan perpaduan angka dan huruf. jadi sulit mau nyebutin namanya nih..

    ReplyDelete
  7. @Fadly Muin, berat mas mengganti. Hehehe .. Soalnya sudah melekat sejak 3 tahun. Nanti tulis saja "Agy" (tanpa kutip)..

    Terima kasih mas Fadly. Alhamdulillah saya menikmatinya mas.

    ReplyDelete
  8. Tetap semangat juga ya. Kunjungan balik dari Bu Ninil.
    Motivasi sederhana ala anak muda dengan namanya yang sulit dieja. G apa-apa proses menuju dws...

    ReplyDelete
  9. mantaf bro, terus berjuang yah??? jangan lupa saling dukung sesama peserta kontes.

    ReplyDelete
  10. @BuNinil, Makasih bu sudah datang. Soalnya namanya udah 4 tahun di gunakan. Sulit untuk di tinggalkan. Hehehe

    @Efek Blogging Terhadap Motivasi Diri, Sip .. Hehe

    ReplyDelete